Healthy & Yummy Ta’jil

Jumat, 20 Agustus 2010

Hoi Sobat-sebat, sebelumnya saya mau ngucapin Marhaban Ya Ramadhan!!! semoga di bulan penuh keberkahan ini segala amal ibadah kita diterima di sisiNya dan dihapuskannya dosa-dosa kita yang lalu. Amin.(maaph telat...^_^)
Kali ini saya akan mengulas sedikit mengenai ta’jil, all about the sweet things ,yang sudah menjadi budaya lekat Islam di, Indonesia sehingga jika belum memakan ini momen berbuka puasa sobat-sobat rasanya ada yang kurang deh…
Menurut sebuah penelitian ilmiah, kadar gula darah orang yang berpuasa akan menurun, maka otomatis berbuka dengan makanan yang manis adalah solusi yang tepat untuk menstabilkan kembali gula darah kita.

Tapi sobat -sobat juga ngga boleh asal pilih ta’jil sesukanya lho.
Tahu ngga , sunnah Rasullulah SAW mengatakan “apabila berbuka salah satu kamu, maka hendaklah berbuka dengan kurma, andai tidak memperolehnya maka berbukalah dengan air”, nah lho, kenapa kurma? Ternyata, kurma merupakan karbohidrat kompleks, yaitu karbohidrat yang proses metabolismenya lambat, jadi ngga akan ada nantinya penumpukan lemak di dalam tubuh kita, sedangkan ta’jil yang biasa kita santap kebanyakan adalah gula murni alias karbohidrat sederhana saja .
Tapi, ngga semua kurma juga sehat loch, di indonesia ini banyak banget, malah mayoritas kurma yang biasa kita konsumsi itu, kukurmaan, alias bukan kurma "asli", alias ditambah bahan pemanis buatan lagi, jadi hasilnya maniiiisssss banget, nah itu juga termasuk gula murni


Masalahnya , jika kita menyantap gula murni ini kadar insulin akan melonjak tinggi, membuat berbagai penyakit akan mampir dan betah di tubuh kita, diabetes, jantung, darah tinggi, wow, ternyata ngga sesederhana yang kita kira masalahnya, bisa-bisa masih muda sudah terkena penyakit komplikasi ya…haduh.
Tapi sobat , ngga usah khawatir, kalau ngga dapat kurma segar di pasaran, carilah ta’jil yang low fat , artinya kemungkinan makanan tersebut berubah jadi lemak amat kecil, ciri-cirinya adalah kandungan serat tinggi di jenis makanan tersebut, seperti bubur lemu, timun suri, pisang,, oatmeal DLL..
Gampang kan sobat, asal sudah tahu kuncinya, ke depan, kita bisa lebih selektif lagi dalam memilih ta’jil. Ngga sekedar berbuka dengan yang manis-manis saja dan enak, tapi isi kandungannya patut diprtanyakan juga, salah-salah bisa terkena penyakit komplikasi tadi lagi, hiii serem!
Jadi, berbukalah dengan healthy & Yummy Ta’jil..

0 komentar: